Rekrutmen Bersama BUMN Ditunda Jadi 11 Mei 2023



Rekrutmen Bersama BUMN Ditunda Jadi 11 Mei 2023

Pemerintahan Indonesia sudah umumkan jika recruitment bersama Badan Usaha Punya Negara (BUMN) yang sebelumnya direncanakan pada 5 Mei 2023 sudah diundur sampai 11 Mei 2023. Ini disebabkan karena faktor-faktor, salah satunya ialah ada wabah COVID-19 yang masih tetap berjalan dan mengalami kenaikan kasus di sejumlah daerah di Indonesia.

Recruitment bersama BUMN sebagai program yang sudah dilaksanakan oleh pemerintahan Indonesia sejak mulai beberapa tahun akhir sebagai usaha untuk memberi peluang yang serupa ke semua masyarakat negara Indonesia untuk tergabung dengan BUMN, lepas dari background atau status sosial mereka. Program ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan kualitas dan profesionalisme BUMN lewat penerimaan yang selective dan terancang.

Di tahun 2023 ini, program recruitment bersama BUMN akan mengikutsertakan 25 perusahaan BUMN yang terbagi dalam beragam bidang, dimulai dari energi, infrastruktur, telekomunikasi, sampai perbankan dan jasa keuangan. Tiap perusahaan akan buka lowongan kerja sesuai keperluan mereka dan berikan peluang ke beberapa pencari pekerjaan untuk tergabung dengan perusahaan BUMN.

Adapun persyaratan dan syarat untuk meng ikuti program recruitment bersama BUMN diantaranya ialah umur optimal 30 tahun, mempunyai IPK minimum 3.00 untuk program sarjana dan 3.25 untuk program magister, mempunyai kekuatan bahasa Inggris yang bagus, dan mempunyai kekuatan interpersonal dan kepimpinan yang kuat.

Di tahun 2022, program recruitment bersama BUMN sudah sukses mengambil sekitaran 6.000 pegawai baru dari lebih dari 1 juta pelamar yang meng ikuti penyeleksian. Program ini diharap bisa berikan imbas positif untuk pembangunan dan kemajuan ekonomi Indonesia dan tingkatkan kualitas dan profesionalisme BUMN.

Dengan diundurnya agenda recruitment bersama BUMN sampai 11 Mei 2023, beberapa pencari pekerjaan yang ingin tergabung dengan perusahaan BUMN masih mempunyai waktu untuk menyiapkan diri lebih bagus dan tingkatkan kekuatan dan kwalifikasi mereka. Mudah-mudahan program recruitment bersama BUMN bisa berikan faedah dan imbas positif untuk pembangunan dan kemajuan ekonomi Indonesia di periode mendatang.