Cara Membuat Batagor Mudah Banget!!

Batagor, singkatan dari Baso Tahu Goreng, adalah salah satu makanan yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari campuran daging ikan tenggiri dan tepung tapioka, yang diisi ke dalam tahu yang kemudian digoreng. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang yang khas, dan bisa dijadikan sebagai camilan atau hidangan utama. Berikut adalah cara membuat batagor yang mudah dan lezat:

Bahan-bahan:

- 250 gram daging ikan tenggiri, haluskan

- 150 gram tepung tapioka

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 1/2 sendok teh garam

- 1/4 sendok teh gula

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 10 buah tahu putih ukuran sedang, potong menjadi 2 bagian dan isi dengan adonan ikan tenggiri

- Minyak untuk menggoreng

Bahan saus kacang:

- 100 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan

- 1 siung bawang putih, haluskan

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh gula merah

- 1/2 sendok teh air jeruk nipis

- 100 ml air

Cara membuat:

1. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan tepung tapioka, bawang putih, garam, gula, dan merica bubuk. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.

2. Ambil satu potong tahu putih yang sudah dipotong dan dibuang bagian tengahnya. Isi bagian dalam tahu dengan adonan ikan tenggiri hingga penuh. Ulangi proses ini hingga semua tahu terisi dengan adonan ikan tenggiri.

3. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng tahu yang sudah diisi dengan adonan ikan tenggiri hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4. Untuk membuat saus kacang, campurkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dengan bawang putih, garam, gula merah, air jeruk nipis, dan air. Aduk rata hingga bahan-bahan tercampur sempurna dan saus kacang siap disajikan.

5. Sajikan batagor dengan saus kacang yang sudah dibuat.

Batagor siap disajikan sebagai camilan atau hidangan utama yang lezat. Selamat mencoba!